Rabu, 29 Desember 2010

feature:Ekayanti Korban Konflik Riang dengan Rumah Barunya


Ekayanti Korban Konflik Riang dengan Rumah Barunya


Setelah sekian lama menunggu dan hidup di sebuah rumah reot, lebih tepat disebut gubuk kecil yang dibangun dari bekas kayu rumah yang dibakar ketika konflik dulu. Idaman Ekayanti (16) beserta delapan adiknya yang telah Yatim ini untuk mendapatkan rumah layak huni dari pemerintah akhirnya tercapai juga. Menurut Cerita gadis Almarhum Abubakar ini, mereka selama ini terpaksa hidup dan bernaung dalam gubuk kecil yang dibangun dari bekas kayu rumah mereka yang dibakar tahun 2003 lalu, ketika itu bukan keluarga Eka panggilan untuk perempuan berkulit gelap tapi manis ini, tapi 24 rumah milik warga Riwuek Kecamatan Pidie rata dengan tanah ketika kejadian kontak tembak pihak yang bertikai, “ sejak saat intu kami sering berpindah-pindah dan akhirnya kami bangun rumah untuk bernaung meski harus berdesak-desakan karena ukuran kecil”, ungkap Gadis yang kini mengenyam pendidikan di bangku SMA ini.
“ rasanya kami bagaikan mimpi bisa memperoleh rumah sebagus ini, karena kami memang sudah pasrah untuk menerima kenyataan, meski ada sedikit timbul tanda tanya sebelumnya, kalau untuk korban Tsunami ada bantuan rumah, pakah kami korban konflik tidak ada perhatian, setelah kami dipanggil untuk mengambil dana bantuan rumah yang disalurkan Badan Re-Integrasi Aceh (BRA) lansung kerekening kami, saya sangat senang dan bahagia sekali”, ujar gadis yang selepas pulang sekolah harus bekerja membantu ibunya menafkahi keluarganya. Eka yanti merupakan anak ketiga hasil pernikahan Rafasah (39) dengan almarhum Abubakar yang meninggal setahun lalu karena penyakit paru-paru yang dideritanya, karena hidup serba kekurangan sehingga kerluarga tidak sanggup  membiayai pengobatan ke rumah sakit. Sejak ayah meninggal penderitaan keluarga ini kian bertambah, selain tidak memiliki rumah, Rafasah ibunya harus mengmbil alih kendali selain sebagai ibu rumah tangga, perempuan ini juga harus banting tulang menafkahi keluarganya.  Untuk pekerjaan apapun mau dikerjakan asalkan halal, kadang kala dia pergi pagi pulang sore karena pergi ke kampong-kampung lain untuk bekerja sebagai upahan di sawah orang, dia memang tidak ada kepandaian lain yang bisa diandalkan selain jadi upahan disawah dan di tambak.
 Bahkan ketika Harian Aceh bertandan kekediamannya Sabtu (15/3) Ibu Rafasah tidak ada dirumah, “ mak hana diromoh, ka geujak tueng upah angkot pade (mak tida ada dirumah, sedang bekerja angkut padi orang)”, kata Eka yanti yang ketiak itu sedang memberikan makan adiknya  paling bungsu yang masih berumur tiga tahun. Memang rumah yang dibangun warga setempat dengan dana bantuan BRA untuk korban konflik dengan nilai Rp.35 juta per rumah tergolong bagus dan bermutu, meski disana-sini masih ada kekurangan seperti tidak diplaster disebagiannya dan dindingnya tidak tertutup habis, namun mereka mengaku puas dan akan menambah dengan dana lain yang mereka tabung selama ini.“Kami sangat senang bisa dapat bantuan dan sudah bisa bernaung di rumah bantuan ini, meski kami harus tidur beralaskan tikar tanpa ada tempat tidur dan menyimpan pakaian di kardus karena tidak ada lemari setelah ikuit terbakar bersama rumah” , ujar Eka dengan nada memelas. Bahkan dari bantuan rumah mereka ikut membantu pembangunan Meunasah setempat yang sedang dibangun dengan cara menyumbang keramik berdasarkan pengakuan mereka, sumbangan itu diberikan suka rela tanpa paksaan dari panitia meunasah. Rumah korban konflik di Desa itu berjumlah 24 unit, yang terbakar sekaligus pada tanggal 27 Desember 2003, semuanya sekarang sudah siap dibangun sendiri oleh pemiliknya dengan bantuan dana BRA, sehingga Ekayanti dan korban lainnya kini tidak lagi mengeluh tentang rumah, hanya saja bila ada pemerintah juga bisa membantu modal usaha bagi mereka agar bisa kembali membuka usaha mereka yang umunnya sebagai pengayam tikar dan pembuat kue.

1 komentar:

  1. Titanium Tail (HOT) - Stainless Steel Tail - TiGINN
    This product rocket league titanium white octane is the first titanium tail made with titanium titanium tools tail that is a strong alloy with high quality titanium alloy. You will get a Handle length: 34mmLength: titanium piercing jewelry 34mmLength: 34mmCompatible with: titanium bmx frame Firearm, Laser Blade, Spade or Double-Edge t fal titanium pan Rating: 4.4 · ‎3 reviews · ‎$29.99 · ‎In stock

    BalasHapus