Rabu, 29 Desember 2010

Pengantar Blog: Alasan saya membuat blog


Pertanyaan yang klise, tapi tetap pertanyaan ini pasti akan muncul, karena tidak mungkin ada sesuatu tanpa ada niat dan tujuan kenapa sesuatu itu harus di buat. Begitupun dalam hal membuat blog ini, ada alasan tentunya. Sedikit saya bercerita ke belakang, diawali dengan perkenalan saya dengan “makhluk” yang bernama internet, saat itu saya memang berniat berkenalan dengan “makhluk” tersebut, dikarenakan banyak sekali yang mengatakan bahwa “si” internet memiliki berbagai macam informasi yang dibutuhkan semua orang.
Buah dari ketertarikan itulah yang kemudian membuat saya tergerak merancang blog ini, itupun setelah melewati waktu yang agak panjang, dikarenakan harus belajar bagaimana caranya agar saya bisa merancang dan memiliki blog. Maklumlah saya benar – benar nol untuk urusan yang satu ini.
Berikut ini saya ungkapkan alasannya :
  1. Sebagai sarana untuk menolong orang lain, dengan beragam informasi yang disediakan oleh blog atau website, maka serta merta akan menjadi jawaban dan solusi bagi siapa saja yang membutuhkan informasi, apalagi informasi tersebut diperlukan karena terkait rencana masa depannya.
  2. Sebagai sarana pembelajaran, belajar menuangkan informasi, pengalaman sendiri atau orang lain, juga solusi ke dalam bentuk tulisan. Karena segala hal yang tertulis akan tersimpan rapi dan dapat dilihat kembali ketika lupa, sebaliknya segala hal yang tidak tertulis lambat laun akan hilang dari ingatan, namun ketika ingin mengingat kembali tidak ada sarana yang mendukung.
  3. Sebagai sarana untuk memperbanyak teman, mungkin selama ini kita hanya berteman dengan orang yang berlokasi tidak berjauhan dari lokasi tempat kita tinggal dan beraktifitas. Namun di internet kita dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan siapa pun, baik dari dalam dan luar negeri serta dari berbagai strata sosial yang berbeda – beda. Maka bloglah salah satu sarana berinteraksi dan berkomunikasi tadi.
  4. Blog bisa jadi alat untuk bertukar informasi, dengan banyaknya teman lewat aktifitas nge-blog kita, maka dengan sendirinya kita akan punya sarana pendukung dari masalah – masalah yang sedang di hadapi. Seperti kita ketahui bahwa blog maupun website yang bertebaran di internet berbeda isi dan tema antara satu dengan lainnya. Andaipun memiliki tema yang sama, tetap akan ada sesuatu yang berbeda dalam uraiannya.
  5. Blog juga bisa menjadi alat untuk menghasilkan uang, walaupun saya belum begitu merasakan hasilnya, namun saya punya keyakinan poin nomor lima ini bisa saya buktikan. Caranya bagaimana ? itu yang sedang terus saya pelajari.
Kelima alasan inilah yang menggerakkan saya membuat blog sederhana ini, tentunya kritik, saran, dan komentar sangat di perlukan dalam rangka penyempurnaannya.
Salam kenal…..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar